Budidaya Ikan Patin Lengkap Tips Budidaya


budidaya ikan patin




ikan Patin ialah salah satu komoditas ikan air tawar budidaya yang sedang terkenal untuk dibudidayakan saat ini.  Banyak orang yang sudah mencoba dan sukses membudidayakan ikan ini. Cara untuk membudi budidayakan ikan Patin tidaklah sulit & menawarkan laba yang prospektif.





Daftar Tulisan


Manfaat Ikan Patin





Selain memiliki daya jual yang lumayan di pasaran ikan patin juga memiliki beberapa manfaat jikalau di konsumsi, diantaranya ialah :





budidaya ikan patin




1. Rendah kandungan kolesterol





Bagi anda yang memiliki gangguan kesehatan kolestrol tinggi, anda dapat mencoba menyantap ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuh ikan ini dapat menolong meminimalkan jumlah kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.





2. Lemak tak bosan





Daging dari ikan patin selain menolong mengurangi resiko kolesterol, juga dapat menolong mencegah terjadinya penyakit yang berafiliasi dengan sistem kardiovaskuler. Hal ini disebabkan alasannya adalah lemak tak jenuh yang terkandung didalam daging ikan patin, sungguh memiliki kegunaan dalam menghalangi terjadinya penyakit penyakit yang berafiliasi dengan sistem kardiovaskuler. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini sangat tinggi mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin..





3. Baik untuk jantung





Salah satu jenis penyakit kronis yang mampu dicegah kalau menyantap ikan patin yaitu jantung koroner. Sama seperti kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya, lemak tak jenuh yang terkandung di dalam manfaat ikan patin membuat badan terhindar dari penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan lemak tak bosan yang di konsumsi tidak akan mengendap dan menghambat ajaran darah di dalam pembuluh darah.





4. Baik untuk Pertumbuhan Bayi





Bagi para ibu hamil, ikan patin dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kemajuan janin anda selama masa kandungan. Hal ini disebabkan oleh kandungan DHA dan faedah omega 3 yang kaya pada ikan patin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk :





  • Menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan
  • Menjaga pertumbuhan janin semoga tetap normal
  • Menjaga janin agar tetap sehat




5. Tinggi Protein





Bagi  yang sedang melaksanakan acara pembatasan makanan atau sedang dalam proses Pembentukan periode otot, daging ikan patin sangatlah baik untuk di konsumsi. Kandungan protein yang tinggi dari daging ikan patin, menciptakan daging ikan patin akan sangat efektif untuk :





  • Menambah massa otot
  • Memperkuat otot
  • Mengencangkan otot
  • Menjaga daya tahan dan imunitas badan
  • Menambah kekuatan tubuh




6. Tingi Fosfor





Tulang dan duri dari ikan patin mempunyai kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi ini akan membantu menyanggupi keperluan fosfor dan kalsium dalam badan dalam sehari. Selain itu, kalsium dan fosfor juga baik untuk :





  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Mencega osteoporosis




Selain itu Salah satu manfaat dari ikan patin, selain bagi kesehatan badan kita juga mampu menunjang dalam segi ekonomi. Anda dapat menjajal bisnis pengembangbiakan ikan patin atau mampu juga melakukan bisnis hasil olahan ikan patin. Salah satu jenis hasil olahan ikan patin yang sudah sukses yaitu abon ikan patin. Tentu saja bagi yang jeli dalam menyaksikan potensi , ikan patin akan menjadi sumber kesehatan dan juga sumber penghasilan yang utama.





Keunggulan Ikan Patin





Ikan patin sendiri, memiliki beberapa keunggulan yang membuat ikan ini menjadi salah satu favorit. Keunggulan ini antara lain :





1. Daging yang lembut dan gurih





Salah satu keunggulan paling menonjol dari ikan patin ialah tektur dari dagingnya yang gurih dan lembut. Hal ini menciptakan ikan patin menjadi favorit dari segala kalangan penduduk di Indonesia.





2. Mudah dijumpai 





Ikan patin merupakan jenis ikan yang gampang dijumpai. Hampir setiap kawasan pasar ikan  menjual jenis ikan patin ini.





3. Hampir Semua bab ikan patin mampu diolah





Tak cuma daging dan kepalanya saja, tulang dan duri ikan patin ternyata juga mampu dimasak. Adalah abon ikan patin, yang juga melibatkan duri dari ikan patin dalam pembuatannya. Hal ini menciptakan hampir seluruh bagian ikan patin bermanfaat mampu disantap.





4. Tinggi Kandungan Gizi





Ikan patin mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Ikan ini memiliki nilai kandungan protein dan lemak tak jenuh yang sungguh tinggi.
Itulah beberapa faedah dan keunggulan ikan patin yang mampu diperoleh, tidak hanya dagingnya namun tulangnya pun bermanfaat bagi badan kita, serta mampu bernilai ekonomi.





5. mudah di budidaya





Ikan patin termasuk salah satu jenis ikan yang mudah di budidaya dan tidak rewel. budidaya ikan patin juga tidak terlalu menyedot waktu.





Tips Membudidayakan Ikan Patin





Berikut tips cara membudidaya ikan patin





1. Persiapan Lahan





1. Keringkan bak sebelum kolam di isi air
2. Taburkan garam grasak untuk membasmi jamur ketika penjemuran bak, besihkan
3. Jangan lupa membersihkan sisa sisa garam dikolam supaya air tidak asin alasannya adalah bisa membunuh ikan
4. Jika menggunakan kolam tanah, ada baiknya menggemburkan tanah sebelum di isi air jikalau bak tanah





2. Penebaran Benih Ikan Patin





Hal sangat penting yang sering dilupakan dalam proses tebar ikan patin ialah proses tebar bibit patin yang salah, berikut ini beberapa kiat saat menebar patin.





1.    Siapkan bejana untuk perendaman benih ikan sebelum di tebar
2.    Isi air ke dalam ember secukupnya ( ambil air dari bak yang akan di tebari benih Patin)
3.    Rendamlah benih ikan patin selama 15 menit untuk pembiasaan dengan air kolam yang gres.





Penting untuk di amati ketika perendaman benih di bak Biarkan ikan berenang sendiri kekolam dan jangan di tuang,  langsung, tunggu saja hingga ikan berenang sendirinya sebab kalau langsung dituang akan membuat ikan strees dan tidak inginmakan, sehingga kesudahannya mati.





3. Pemberian Makan 





Untuk dukungan kuliner umumnya dalam sehari ikan patin di berikan makan 2 – 3 kali, yaitu pagi, agak sore dan habis magrib.
Jangan menunjukkan makanan terlalu sedikit alasannya adalah akan membuat ikan kurang makan, dan jangan terlalu berlebihan sebab sisa makanan yang tidak dimakan akan menciptakan koolam kotor dan mengusik ikan.





4. Modal Memulai perjuangan Budidaya Ikan Patin





Untuk Kolam dengan ukuran 7 x 10 meter dengan kedalaman air  meraih 120 cm Mampu menampung 6.000 ekor bibit ikan dengan ukuran bibit 1 inch atau sebesar sedotan air minum. 





Modal:





Untuk modal bekerjsama relatif tapi aku akan memperlihatkan gambaran modal yang di perlukan untuk mengawali usaha ini.





  • Bibit ikan 1 inch    Rp.        150
  • Pakan apung pf.1000    Rp. 130.000
  • Pakan apung 781-2    Rp. 200.000
  • Obat    Rp.   25.000 – 100.000
  • lain lain –




5. Keuntungan





  • Harga jual ikan patin dipasaran berkisar antara Rp.14.000
  • Prakiraan hasil penghitungan biasa selama 7 bulan,panen 1kg isi 3 ekor. 
  • jadi 6.000 ekor ikan Patin di bagi 3 ekor = 2.000 kg dikalikan harga konsumsi Rp.14.000/kg =Rp.28.000.000
  • Pendapatan jual = Rp.28.000.000 (belum di minimalkan modal)




pastinya angka angka diatas barulah perkiraan dan pada prakkteknya bisa saja jauh berbeda.





Ikan Patin ini tidak kanibalisme sehingga kondusif walaupun dipelihara dengan aneka macam ukuran. ikan ini termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan dan dukungan pakanpun tidak mengeluarkan modal yang terlalu banyak, serta harga jualnya pun mahal dipasaran, tapi memang ikan patin ini tidak mirip ikan lainya, ikan patin ini memang agak lama panennya.





mungkin cuma itu dulu yang mampu aku bagikan tentang bisnis Budidaya Ikan Patin Lengkap Tips Budidaya, agar bermanfaat


Comments

Popular posts from this blog

Wangsit Usaha Dengan Memanfaatkan Limbah Kayu

Cara Menurunkan Berat Badan Pada Ayam Bangkok

Direkomendasikan Plushbeds Natural Latex Topper References