Cara Mengatur Website Sendiri Dalam 10 Langkah

3 Cara Membuat Hyperlink Microsoft Word yang Mengarah ke Website
3 Cara Membuat Hyperlink Microsoft Word yang Mengarah ke Website from carakami.com

Membuat sebuah website tak harus menggunakan jasa web developer mahal. Anda bisa melakukannya sendiri dengan melakukan 10 langkah berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Website Anda

Tentukan tujuan dasar website anda. Apakah website ini akan berfungsi sebagai portfolio website untuk menampilkan karyamu? Atau mungkin sebuah website berita yang akan menghadirkan informasi terbaru? Ataukah website yang berfungsi untuk menjual produk dan layanan tertentu? Dengan mengetahui tujuan website anda, anda akan lebih mudah untuk menentukan fitur-fitur apa saja yang harus ada di website anda.

2. Pilih Domain dan Hosting

Domain adalah alamat website anda. Jadi anda harus memilih domain yang tepat sesuai dengan tujuan website anda. Sementara itu hosting adalah tempat dimana anda menyimpan file-file website anda. Usahakan untuk memilih hosting yang memiliki fitur lengkap dan dapat diandalkan.

3. Pilih Platform Website

Saat ini sudah banyak platform website yang bisa anda gunakan untuk membuat website sendiri. Seperti Wordpress, Drupal, Joomla, dan lain-lain. Pilihlah platform website yang sesuai dengan tujuan website anda. Jika anda membuat website untuk menjual produk, sebaiknya anda memilih platform website yang memiliki fitur e-commerce.

4. Install Aplikasi Website

Setelah anda memilih platform website, selanjutnya anda harus menginstall aplikasi website yang akan anda gunakan. Jika anda memilih Wordpress sebagai platform website anda, maka anda harus mengunjungi hosting anda untuk menginstall Wordpress. Anda akan mendapatkan tutorial singkat tentang cara menginstall Wordpress.

5. Atur Template Website

Template adalah desain dasar website anda. Ada banyak template gratis yang bisa anda gunakan untuk website anda. Anda bisa mencari template yang sesuai dengan tujuan website anda. Jika anda memiliki budget yang memungkinkan, anda bisa membeli template premium.

6. Buat Konten Website

Setelah anda selesai mengatur template, selanjutnya tahap berikutnya adalah membuat konten website. Konten website harus berkualitas dan sesuai dengan tujuan website anda. Jika website anda berfungsi sebagai portfolio, maka anda harus membuat konten yang terkait dengan portfolio anda. Jika website anda berfungsi sebagai website berita, maka anda harus membuat konten berita yang up-to-date.

7. Atur Menu Website

Setelah anda selesai membuat konten, selanjutnya anda harus mengatur menu website. Menu website adalah bagian yang berisi link menuju halaman-halaman tertentu di website anda. Usahakan untuk membuat menu website yang mudah untuk dipahami. Anda bisa menambahkan sub-menu untuk memudahkan navigasi user.

8. Atur Fitur Website

Setelah anda mengatur menu website, selanjutnya anda bisa menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan. Jika website anda membutuhkan fitur login, maka anda harus menambahkan fitur login. Jika website anda berfungsi sebagai website berita, maka anda bisa menambahkan fitur komentar.

9. Optimasi SEO

Setelah anda selesai mengatur semua fitur website, selanjutnya anda harus melakukan optimasi SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Dengan melakukan SEO, website anda akan lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencari seperti Google. Anda bisa melakukan optimasi SEO dengan menggunakan plugin SEO atau dengan melakukan pengoptimalan manual.

10. Luncurkan Website

Setelah anda selesai melakukan optimasi SEO, selanjutnya anda bisa meluncurkan website anda. Usahakan untuk melakukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan bahwa website anda bekerja dengan baik. Setelah anda yakin website anda sudah siap untuk dipublikasikan, maka anda bisa meluncurkan website anda.

Kesimpulan

Membuat website sendiri bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu melakukan 10 langkah diatas untuk membuat website sendiri. Mulailah dengan menentukan tujuan website anda, lalu pilih domain dan hosting yang sesuai. Setelah itu, pilih platform website, install aplikasi website, atur template website, buat konten website, atur menu website, tambahkan fitur website, lakukan optimasi SEO, dan terakhir meluncurkan website anda.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menurunkan Berat Badan Pada Ayam Bangkok

Wangsit Usaha Dengan Memanfaatkan Limbah Kayu

Direkomendasikan Plushbeds Natural Latex Topper References